• klik klas

3 Kunci Keberhasilan yang Harus Dipahami!

Halo, Klikers dan Teman Baik!

Rasanya tentu lelah, ya, jika terus menerus membicarakan soal kegagalan. Apalagi kalau kegagalan yang terjadi padamu diungkit terus menerus oleh orang-orang terdekat. Seolah seperti mereka tidak memahami betapa sakitnya dirimu berdamai dengan kegagalan itu.

Supaya tidak terus menerus terpuruk dan terkungkung dalam pelukan kegagalan, saatnya kamu mulai membuka pintu-pintu keberhasilanmu. Dengan cara apa?


Nah, ini dia 3 kunci keberhasilan versi #TemaniTeman!



1. Tidak takut gagal

Kunci pertama dari keberhasilan adalah mindset yang tidak takut akan kegagalan. Jiwa-jiwa yang tidak takut gagal tidak akan mundur begitu saja saat menerima tantangan. Ia akan mengerahkan segala daya dan upayanya untuk menyelesaikan tantangan dan tidak khawatir jika kegagalan menyerang.


2. Belajar dari Kegagalan

Kegagalan yang terus menerus datang, mungkin terlihat seperti awan hitam yang nggak pergi-pergi. Malahan mungkin mendatangkan hujan air mata di pipimu. Namun, jangan khawatir. Jika kamu hanya melihat kegagalan sebagai awan hitam, kamu akan takut untuk mencoba lagi.


Pandanglah kegagalan sebagai matahari yang bisa menyinari jalanmu. Kamu bisa belajar banyak hal dari kegagalan yang dievaluasi. Lihat lagi apa yang keliru dalam prosesmu kemarin. Lihat lagi langkah apa yang kiranya bisa jadi alternatif dan bekal apa yang perlu ditambah. Setelah evaluasi dan pembelajaran kamu dapatkan, saatnya kamu masuk ke kunci terakhir untuk membuka gerbang keberhasilan!


3. Coba lagi, Coba terus, Coba aja dulu!

Yap, bener banget. Kamu nggak akan tahu di momen mana keberhasilan telah menunggumu. Kamu hanya bisa untuk terus mencoba dan mencoba hingga keberhasilan itu bisa kamu raih!


Terus bergerak membuatmu selangkah menuju keberhasilan. Sejenak beristirahat tidak masalah untuk mengevaluasi hal-hal yang telah lalu. Namun, jangan terlalu lama. Ketika terlalu lama berhenti, kamu akan sulit untuk mencoba dan memulai lagi. So, terus bergerak dan coba aja dulu!



Sampai di kunci ketiga, kamu akan kembali ke kunci pertama karena tiga kunci ini akan saling berkaitan dalam membuka gerbang keberhasilanmu. Tentunya, jangan lupa untuk meluruskan niat dan berdoa agar Tuhan melancarkan segala urusanmu.

Sudah siap untuk #SelaluBertumbuh dan meraih keberhasilan?


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza


1 view0 comments

Recent Posts

See All