• klik klas

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memberi Hadiah

Halo, Klikers dan Teman Baik! Apakah kamu suka memberi hadiah ke orang terdekatmu?


Saling memberi hadiah bisa menjadi salah satu cara untuk mempererat, memperbaiki, bahkan memulai hubungan baru. Hadiah yang baik tentu tidak bisa dinilai secara satu sisi saja, alias penilaiannya subjektif. Mungkin menurutmu hadiah yang kamu berikan sudah yang terbaik, tetapi menurut si penerima belum tentu demikian.



Nah, gimana caranya supaya hadiah yang diberikan dengan penuh ketulusan bisa benar-benar jadi hadiah terbaik bagi penerimanya?


1. Perhatikan Kebutuhan Penerima

Penting banget supaya kamu memerhatikan kebutuhan penerima hadiah. Jangan sampai, hadiah yang kamu kasih justru hanya jadi pajangan atau benda nganggur di pojok ruangan. Kamu bisa banget menanyakan kebutuhan penerima hadiah sebelum beli hadiah untuknya.

Walaupun mau ngasih kejutan, nggak ada salahnya, lho, kamu tanyakan beberapa kebutuhannya saat ini. Siapa tahu ada barang-barang yang bisa kamu jadikan hadiah untuknya. Jadi, pas hadiah itu diterima, si penerima bisa memanfaatkan hadiahmu dengan maksimal.

2. Mahal Belum Tentu Terbaik

Hayoo, siapa yang mikir hadiah terbaik adalah yang mahal?

Mahal atau murah bukan ukuran dari hadiah terbaik. Jangan sampai, kamu malah membebani dirimu dengan mengharuskan untuk beli hadiah yang mahal supaya si penerima senang, ya. Fokuskan pada hadiah apa yang bisa bermanfaat dan aman di kantong.

3. Manfaat Lama

Dua hal di atas sering banget ngomongin soal manfaat. Yap, memang hadiah yang bisa bermanfaat dalam jangka waktu lama itu lebih oke, ya. Si penerima pun pasti seneng kalo dapet hadiah yang bisa dia pakai dalam waktu lama.

Meski demikian, nggak apa-apa kok kalo hadiahmu mungkin hanya bermanfaat selama beberapa hari aja—makanan misalnya. Sing penting, hadiah yang dikasih nggak jadi nganggur tanpa manfaat, ya!



Nah, itu dia 3 hal yang perlu diperhatikan saat kamu mau membeli hadiah untuk orang lain. Tentunya, ini versi #TemaniTeman, ya. Kalau kamu punya pertimbangan lain dalam proses memilih dan membeli hadiah pun tak masalah.


Tetaplah ingat untuk memberi hadiah yang punya manfaat baik. Cobalah peka dengan kebutuhan orang yang mau kamu beri hadiah supaya nggal salah pilih, ya!

Semoga bermanfaat dan bisa membuatmu #SelaluBertumbuh!

Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All