• klik klas

3 Hal Penting Untuk Seimbangkan Hidupmu

Klikers dan Teman Baik, mungkin kamu sudah banyak mendengar kampanye untuk menyeimbangkan antara kehidupan pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Hal ini sering disebut sebagai work life balance.


Hanya saja, masih banyak yang merasa dirinya sulit untuk menyeimbangkan hidupnya. Melihat orang lain yang seolah-olah bisa melakukan semuanya dengan seimbang—bekerja, tanggung jawab di rumah, dan me time—membuatmu berpikir bahwa hidupmu tidak seimbang. Apalagi, jika dihitung dengan hitungan jam, sulit sekali ya menyamakan waktu untuk bekerja, me time, dengan tanggung jawab lainnya.



Nah, mungkin melalui tiga hal dari #TemaniTeman ini, kamu bisa kembali berpikir ulang tentang cara terbaik menyeimbangkan kehidupanmu.


1. Mendefinisikan Ulang Keseimbangan

Kamu dan dia tentu punya definisi berbeda soal keseimbangan. Ada yang merasa hidupnya seimbang jika pagi hari bekerja, malam hari istirahat. Ada pula yang merasa hidupnya seimbang jika ia bisa terus berbuat kebaikan tanpa melupakan kebutuhan dirinya, dan berbagai definisi lain.


Kamu tidak harus mempunyai definisi hidup seimbang seperti orang lain. Jadi, sebelum menilai sudah seimbang atau belum work life-mu, cobalah memperjelas definisi hidup seimbang versi dirimu!




2. Pastikan hidupmu punya value!

Hidup seimbang akan sulit didapat jika kamu tidak memiliki value atau prinsip yang dipegang dalam setiap aktivitas. Mungkin, kamu bisa mulai dari pertanyaan, “Apa yang mau aku dapatkan dalam hidup?”—Siapa tahu, itulah value yang perlu kamu pegang dan jadikan dasar dalam setiap pengambilan keputusan.


Misalnya, value hidupmu adalah bermanfaat untuk banyak orang dan jika mencapainya, kamu merasa hidupmu sudah seimbang. Maka, lakukanlah segala sesuatu untuk mencapai value itu. Jangan lupa juga, spesifikkan siapa saja yang kamu maksud dengan “banyak orang”—apakah keluarga, diri sendiri, atau hanya orang lain di luar lingkaran keluarga?


3. Ingat Kebutuhan Dirimu

Meskipun kamu sudah memiliki definisi ulang tentang keseimbangan hidup versimu, tak jarang masih banyak yang melupakan diri sendiri. Terus sibuk bekerja untuk orang lain tidak lantas membuat hidupmu seimbang, lho.


Ada kebutuhan diri yang perlu dipenuhi. Setidaknya, kebutuhan dasar seperti istirahat cukup, olahraga, dan asupan yang cukup serta bergizi haruslah masuk ke dalam pertimbanganmu menetapkan hidup yang seimbang.



Sebenarnya, tidak hanya tiga hal itu yang perlu kamu pertimbangkan untuk mencapai work life balance. Namun, kamu bisa mencoba terlebih dulu mempertimbangkan 3 hal di atas sebelum beralih ke hal lainnya. Semoga, kamu bisa #SelaluBertumbuh dan membangun keseimbangan yang mendekati sempurna dalam hidupmu, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

3 views0 comments

Recent Posts

See All