• klik klas

3 Cara Menjaga CInta

Hai, Klikers dan Teman Baik!


Bahasan soal cinta kayaknya nggak akan pernah habis untuk diulas. Cinta nggak hanya identik dengan pasangan lawan jenis atau hubungan romantis, ya. Cinta juga berhubungan dengan keluarga, saudara, dan orang-orang terdekatmu yang lain.


Jika kamu terus memberi cinta, mungkin kadar cintamu akan habis. Pun jika kamu selalu mendapat cinta, mungkin kamu akan bosan. Alhasil, jika kamu ingin hubunganmu terus awet dan harmonis—dengan siapa pun itu—kamu perlu belajar menjaga cinta agar terus hadir.



Nah, kali ini #TemaniTeman mau berbagi 3 cara menjaga cinta dalam hubungan yang terinspirasi dari sebuah tulisan di situs Psychology Today. Dituliskan ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga cinta tetap awet dalam setiap hubungan, yaitu:


1. Melihat dari sudut pandang baru

Kalau kamu hanya melihat ayahmu sebagai orang yang selalu bekerja, pulang malam, dan tidak ada waktu untuk berinteraksi denganmu, tentu kadar cintamu pada ayah mungkin akan berkurang. Hal ini karena kamu merasa ayahmu tidak peduli padamu karena kesibukannya. Melihat hanya dari satu sudut pandang itu akan terus menguras kadar cintamu pada ayah.


Oleh karena itu, cobalah untuk melihat dari sudut pandang baru. Lihat tujuannya bekerja, kelelahannya, dan mungkin sebenarnya beliau ingin menghabiskan waktu denganmu tetapi tidak bisa. Jika kamu belajar melihat dari sudut pandang lain, kadar cintamu dalam setiap hubungan bisa dijaga.



2. Menjaga kelekatan

Kelekatan tidak hanya kedekatan fisik saja. Akan tetapi, menjaga kelekatan artinya kamu belajar untuk terus membangun kepercayaan dalam hubungan, saling terbuka dengan kondisi masing-masing, dan tentunya tidak melakukan kekerasan dalam bentuk apa pun. Dengan kelekatan yang terjaga, kadar cintamu pun akan terjaga di hubungan itu.


3. Menghidupkan petualangan

Nggak seru kalo nggak ada naik turunnya. Oleh karena itu, mungkin kamu bisa menghidupkan petualangan dan keseruan dalam hubunganmu. Berjalan-jalan dengan teman, membuat challenge bersama keluarga, dan tantangan lain yang bisa membangun kerja sama, kelekatan, dan kebersamaan kalian. Dengan demikian, kamu bisa melihat sisi lain dari orang-orang terdekatmu dan kembali mencintai mereka dengan segala kekurangan dan kelebihannya.


Menjaga cinta dalam setiap hubungan memang tidak bisa dilakukan hanya oleh satu pihak saja. Perlu ada kebersamaan dan saling menjaga agar semua bisa #SalingBertumbuh dan cinta terjaga di hubungan itu. So, nggak ada salahnya kamu pun ikut mengajak orang-orang yang kamu cintai untuk saling menjaga cinta agar tidak cepat pudar dalam hubungan kalian.



Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All