• klik klas

3 Cara Memahami Seseorang

Hai, Klikers dan Teman Baik. Apa di antara kamu ada yang berminat, sedang, atau pernah kuliah di jurusan Psikologi? Biasanya, orang-orang yang kuliah di Psikologi dianggap bisa memahami orang lain dengan lebih baik dibandingkan yang tidak berkuliah di jurusan tersebut. Akan tetapi, persepsi itu kurang tepat, ya!


Sebenarnya, siapa pun bisa belajar untuk memahami dan mengerti kondisi orang lain tanpa harus mendengar mereka mengungkapkan diri secara gamblang. Namun, ada 3 hal yang perlu dipelajari dan dilatih untuk membangun kemampuan memahami seseorang. Apa saja 3 hal itu?



1. Observasi

Salah satu kunci utama memahami seseorang adalah dengan mengobservasinya. Lihat perilaku dan kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan. Apalagi kalau kamu baru pertama kali bertemu dengan orang baru. Observasi bisa menjadi langkah awal untuk memahami orang tersebut tanpa harus menanyakan hal-hal privat. Perhatikan caranya berbicara, topik apa yang sering dibahas, dan mungkin ekspresi wajahnya ketika membahas satu hal dan hal lain. Yakin, deh, dengan observasi dan peka terhadap pola perilaku orang, kamu pun bisa belajar memahami mereka.


2. Ajak Bicara Hal yang Disukai

Saat observasi, tentu kamu bisa menangkap hal yang sekiranya disukai atau tidak disukai orang itu. Jika kamu ingin mengenal orang dengan lebih jauh, tanyakan saja hal-hal yang disukainya dan mengobrollah terkait topik itu. Biasanya, orang lain akan lebih nyaman dan mudah membuka diri ketika berinteraksi dengan lawan bicara yang mengerti hal kesukaannya.




3. Talk Less, Listen More

Siapa, sih, yang tidak suka didengarkan? Nah, makanya, kalau mau belajar memahami seseorang tentu kamu perlu mendengar lebih banyak dan sedikit berbicara. Hal ini bisa membantumu mendapat berbagai informasi tentang orang itu dan mungkin bisa menjadi bahan untuk semakin mengerti pola pikirnya, alasan di balik perilakunya, dan masalah-masalah yang menjadi fokus utama pikirannya.


Tiga hal itu sebenarnya hal dasar yang membantumu bisa #SelaluBertumbuh dan mengembangkan kemampuan bersosialisasi. Skill semacam ini sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, loh. Apalagi kalau kamu mau membangun jaringan pertemanan yang luas agar bisa saling membantu dan menguntungkan satu sama lain di masa depan.

So, selamat berlatih dan berproses bersama #TemaniTeman!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All