• klik klas

3 Aturan Hindari Cemas Menerima Kritik

Klikers dan Teman Baik, mendapatkan kritik memang rasanya nyelekit dan nggak nyaman, ya. Apalagi kalo yang mengkritik adalah orang yang tidak kamu harapkan. Wah, bisa-bisa kamu defensif duluan tanpa mendengarkan kritiknya. Padahal, mana tahu kritik yang dia berikan ternyata kritik yang membangun.


Kondisi seperti itulah yang cenderung membuat diri cemas dan enggan menerima kritik. Namun, bukan berarti tidak bisa kamu atas, lho!


Nah, #TemaniTeman habis baca buku dari Dale Carnegie yang judulnya Buku Petunjuk Hidup Bebas Stres dan Cemas. Di buku ini, ada penjelasan tentang 3 Aturan yang bisa kamu terapkan pada dirimu sendiri untuk menghindari rasa cemas dalam menerima kritik. Apa aja, tuh?



1. Kritik tanpa dasar adalah pujian

Lho, kok bisa kritik itu jadi pujian? Ya, jelas aja kalau kritiknya tanpa dasar yang jelas. Orang yang mengkritik tanpa dasar yang jelas artinya dia hanya mencari-cari kesalahanmu dan ingin kamu jatuh. Biasanya, orang yang ingin kamu jatuh adalah orang yang iri dengan keberhasilan dan kemampuanmu. Oleh karena itu, jika kamu mendapati ada orang yang mengkritikmu tanpa dasar, tak usah cemas. Itu sebenarnya dia sedang memuji kehebatanmu di balik kritik ala-alanya.

2. Jalani dulu dengan kemampuan terbaik

Kalo kamu udah menjalani hidup dan keputusan dengan hal-hal terbaik yang bisa kamu lakukan, kenapa harus cemas dengan kritik? Pastikan saja bahwa dirimu memang sudah berusaha sebaik mungkin. Salah atau gagal tidak menjadikanmu gagal selamanya. Mungkin mereka akan mengkritik kesalahan dan kegagalanmu. Namun, kalau kamu sudah melakukan yang terbaik, cukup lakukan evaluasi dan ambil hal baik dari kritik orang yang dapat membangunmu.



3. Kritik diri sendiri sebelum orang lain

Nah, tentunya biar kamu nggak cemas dalam menerima kritik orang lain, kamu perlu terbiasa kritis dan mengkritik dirimu sendiri. Eh, tapi ini bukan berarti kamu jadi menyalah-nyalahkan dirimu, ya. Bersikap kritis dengan diri sendiri artinya kamu bisa menyadari hal-hal bodoh atau hal yang salah dalam perilakumu, lalu kamu nasihati dulu dirimu sendiri. Dengan demikian, kalau ada orang lain yang mengkritik hal yang sama, kamu sudah tidak cemas lagi karena kamu sudah menduga dan menyadari kesalahanmu.


So, mungkin kamu bisa coba terapkan 3 aturan ini untuk membantumu bebas dari rasa cemas terhadap kritik. Terbuka pada kritik bisa membuatmu #SelaluBertumbuh dan mungkin bisa saling berkembang dengan teman-temanmu, #TemaniTeman.


Selamat berproses!

Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All