• klik klas

1 Menit 1 Habit Yok!

Klikers dan Teman Baik, pernahkah kamu mendengar istilah Kaizen?


Kaizen berasal dari bahasa Jepang (kai : perubahan, zen : kebijaksanaan untuk kebaikan) yang menjadi nama sebuah metode untuk membangun kebiasaan pada orang Jepang. Kamu tentu tahu bahwa orang Jepang terkenal dengan tingkat disiplin yang tinggi. Nah, ini disebabkan oleh ajaran Kaizen dari nenek moyang mereka, loh!


Secara praktis, metode Kaizen ini dilakukan dengan cara menerapkan 1 kebiasaan baru di jam tertentu hanya dalam waktu 1 menit saja!



Contohnya, kalau kamu mau membangun kebiasaan membaca setiap hari, cobalah tentukan jam khusus untuk membaca. Katakanlah, kamu sediakan waktu jam 7 pagi untuk membaca. Maka, setiap hari, setiap jam 7 pagi, lakukanlah kegiatan membaca hanya 1 menit saja. Setelah 1 menit, kamu baru melakukan rutinitas lain sesuai jadwal harianmu.


Kamu harus disiplin dengan hal itu. Selalu luangkan waktu selama 1 menit saja di jam 7 pagi untuk membaca. Jangan ubah jam khusus ini. Pastikan selalu kamu lakukan setiap jam 7 pagi. Tidak berat, loh, menghabiskan 1 menit saja untuk membaca. Yakin, deh, kamu bakal merasa, “Ih, satu menit doang mah gampang! Tambahinlah, jadi 5 menit!


Wow, it’s okay banget kalau kamu mau nambah jadi 5 menit. Namun, #TemaniTeman sarankan, jangan buru-buru menambah durasi sebelum kamu bisa disiplin setiap hari di jam yang sama melakukan habit atau kebiasaan baru. Jalanilah dulu selama seminggu atau dua minggu, baru tambah durasi sedikit demi sedikit.


Kenapa cuma 1 menit?



Hal ini untuk membuat dirimu merasa ringan dan terbiasa dulu. Kuncinya dalam membangun kebiasaan baru adalah disiplin dan dilakukan terus menerus. Kalau kamu langsung memulai dengan 1 jam, apalagi 2 jam, pasti rasanya bakal berat. So, metode Kaizen ini mengajarkan untuk memulai sedikit demi sedikit.


Kamu pun bisa memodifikasi metode ini sesuai kebutuhanmu. Misalnya, membaca 1 lembar sehari di jam 7 pagi. Atau, olahraga selama 1 menit setiap habis subuh. Atau, lainnya. Intinya, memulai dari hal ringan, sedikit demi sedikit.


Cepat atau lambat, kalau kamu disiplin, kamu akan merasakan perubahan dalam dirimu. Kebiasaan mulai terbangun dan kamu pun #SelaluBertumbuh setiap harinya. Kalau satu kebiasaan baik sudah terbangun, kamu bisa menambah kebiasaan baru lain dan mulailah dari disiplin di 1 menit pertamamu.


Ingat, ya, disiplin adalah kunci!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All